Anda Belum Tahu? Tahapan Dalam Penentuan Awal Puasa Ramadhan

Blog Info - Ada dua hari yang ditunggu- tunggu oleh umat muslim di Indonesia dengan setiap tahunnya. Pertama merupakan penentuan waktu ketika mau puasa ramadhan dan penentuna pada akhir puasa yaitu idul fitri yang juga dinantikan. Dua hal ini dilakuka oleh pemerintah agar umat islam bisa menjalankan ibadah dengan bersama- sama.

Dalam penetuan awal pada bulan ramadhan tidaklah mudah yg anda bayangkan. Karena memang di Indonesia merupakan Negara dengan mempunyai 3 zona waktu yang tidak sama. Dari beberapa tim dikerahkan dalam pantauan yg tepat

tahapan Dalam Penentuan Awal Puasa Ramadhan

Metode Penetuan Awal Puasa

Ramadhan di Indonesia sendiri mempunyai dua cara yang berbeda. Dengan adanya kedua ini bisa digunakan dan diikuti. Bagi pemerintah umumnya juga mempertimbangkan dengan metode penentuan awal puasa dari beberapa organisasi besar islam dengan melakukan sidang isbat.

Rukyatul Hilal

Ini merupakan metode pengamatan menggunakan seperti teleskop. Karena pengamatan dari Indonesia umumnya dilakukan dari berbagai tempat lebih 90 tempat yang tersebar dari berbagai provinsi yang ada. Dengan pengamatan ini dilakukan untuk melihat ada atau tidak bulan sabit tersebut menjelang matahari terbenam dalam tanda pergantian tahun. Kalau dari pengamatan ada dua orang yang melihat hilal, maka bisa disimpulkan kalau esok harinya sudah memasuki bula puasa ramadhan. Akan tetapi jik tidak terlihat tanda- tanda hilal tersebut. Maka bulan akan dibulatkan menjadi 30 hari lengkap dan esok luas baru mulai puasa ramadhan. Dari sebagian yang melakukan pengamatan merekalah para ahli. Pada umumnya sudah disumpah sebelumnya agar apa yang dilihatnya bisa terbilang kategori jujur.

Hisab

Hisab ini dilakukan scara langsung oleh mata, dan hisa tidak menggunakan alat. Karena metode ini juga menentukan awal puasa ramadhan dengan cara menghitung sesuai ilmu astronomi. Jika dalam hitungan pada bulan sabit sudah muncul, dengan ini pada awal bulan sudah dipastikan esok mulai hari. Karena memang metode hisabbanya yang menggunakan berbagai oraganisasi islam salah satunya Muhammadiyah. Hitungan ini digunakan dalam menghitung awal bulan dengan akurat. Dan memang kemampuan mata manusia kadang mempunyai keterbatasa sehingga bulan dengan sekecil pasti tidak akan bisa terlihat.

Pengumuman dalam Awal Puasa Ramadhan

Setelah melakukan pengamatan di sebagian daerah yang ada di Indonesia, tentunya hasilnya nantinya akan dikumpulkan di Departemen Agama RI. Nah data ini akan diperiksa kemudian dilakukan sidang isbat. Biasanya sidang dilakukan pada hari ke 29 bulan sebelum puasa ramadhan. Kalau dari hilal ataupun bulan sabit sudah muncul, maka esoknya sudah mulai puasa ramadhan.

Karena memang penentuan ini dilakukan oleh pemerintah dalam memberikan pegangan bagi umat islam dengan scara nasional. Yang artinya semua orang boleh mengikuti dan tidak adanya paksaan. Kalau ada perbedaan di awal bulan puasa ramadhan tidaklah menjadi masalah dan sah- sah saja untuk dijalankan puasanya dengan sesuai hitungan kelompoknya.

Memahami dalam penentuan awal bulan ramadhan merupakan tidak hany diberikan ilmu pengetahuan saja, akan tetapi memberikan hikmah dari bulan ramadhan slaah satunya dengan arti kesabaran. Karena dengan kesabaran kita bisa menjaga hawa nafsu diri sendiri. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Anda Belum Tahu? Tahapan Dalam Penentuan Awal Puasa Ramadhan Anda Belum Tahu? Tahapan Dalam Penentuan Awal Puasa Ramadhan Reviewed by Abang Nji on 16.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.