Hal- hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Blog Info - Hal- hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan. Puasa bisa diartikan dengan menahan diri dari segala yang bisa membatalkan dari terbit fajar atau waktu subuh sampai terbenam matahari hingga waktu berbuka puasa atau waktu magrib. Dan puasa ini pastinya berniat karena Allah SWT. Puasa ramadhan ini wajib dilakukan oleh semua umat islam dan dalam membatalkan puasa bukanlah minum dan makan saja akan tetapi ada hal yang lainnya.

Kewajiban dalam berpuasa sudah ada pada surah al-Baqarah ayat 183 jika dijabarkan. Kepada orang yang beriman, diwajibkan kepada semua umat islam agar berpuasa dan bagi anda agar bertaqwa kepada Allah SWT. Baca : 4 Amalan Utama Ibadah di Bulan Ramadhan

Hal- hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Puasa ramadhan merupakan salah satu rukun islam. Karena memang islam itu didasari dengan lima unsur dengan bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah, mendirikan sholat, kemudian menunaikan zakat, setelah itu mengerjakan haji dan yang terakhir adalah puasa dibulan ramadhan.

Nah, dibawah ini ada beberapa yang bisa membatalkan puasa. Maka dari itu bagi anda kalau bisa menyimak hingga selesai. Hal- hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan

Makan dan Minum

Ketika pada waktu puasa ramadhan secara sengaja dilakukan atau dengan segala sesuatu yang sengaja dimasukkan ke lubang dari anggota tubuh di waktu siang atau pada saat  berpuasa, maka puasa yang dilakukan tadi, bisa membatalkan puasa. Maka dari itu bagi anda janganlah makan dan minum, karena yang namanya puasa itu menahan hawa nafsu pada diri anda.

Hubungan Badan Disaat Berpuasa

Bagi anda yang sudah status bersuami istri, pastinya kepinginan berhubungan seksual, akan tetapi ketika anda berhubungan pada saat terbitnya fajar sampai matahari terbenam, maka puasa anda akan batal dan sia- sia. Dan ini bagi pihak suami dan istri harus wajib menggantinya puasa tadi yang gugur untuk menggantinya diluar puasa ramadhan.

Muntah Disengaja

Bagi anda yang sengaja muntah, atau mungkin dengan andayang memang sengaja memasukkan barang ke mulut dan mengalami muntah, maka puasanya akan batal. Dan sebaliknya, ketika anda muntah dengan tidak sengaja atau dikarenakan sakit, maka puasa anda tidak batal dan bisa dilanjutkan,

Keluar Mani Secara Sengaja

Keluarnya mani dengan terjadinya sentuhan antara sesame kulit walaupun tanpa berhubungan, maka juga membatalkan puasa. Yang dimaksud keluarnya mani ini merupakan orang yang mastrubasi atau onani ataupun dengan bersentuhan beda jenis. Akan tetapi keluarnya mani dengan tidak sengaja atau karena mimpi basah, ini dikategorikan dengan tidak sengaja, maka puasa yang dijalani tidak batal.

Haid atau Nifas

Kalau masalah haid atau nifas biasanya yang mengalami adalah kaum perempuan dan ini akan membatalkan puasa wajibnya. Dengan para perempuan pada saat ramadhan mengalami haid, maka dia akan menggantinya seperti jumlah hari haid pada bulan puasa tersebut. Hal ini juga seperti nifas, dengan para perempuan yang mengeluarkan darah dari proses melahirkan.

Gila

Jika ada orang yang mendadak gila pada saat  melakukan ata mengerjakan ibadah puasa, maka dari mengerjakan puasa tersebut akan batal. Dan ini adalah salah satu syarat puasa orang baliqh (dewasa), tidak kena halangan, berakal sehat. Baca : 7 Persiapan Menyambut Ramadhan 2020 di Tengah Pandemi Virus Corona

Murtad

Ketika ada orang yang keluar dari islam, maka dia orang tersebut puasanya akan batal, dan ini sudah termasuk kategori orang yang murtad dan ini sudah hal yang mengingkari keesaan Allah SWT dari hokum syariat islam.

Puasa yang dikhususkan merupakan hal dalam menahan hati dan pikiran anda agar tetap berserah diri kepada Allah SWT dan meninggalkan pikiran duniawi. Semoga artikel ini dalam membahas hal dalam membatalkan puasa di bulan ramadhan bisa bermanfaat untuk anda. Dan semoga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang bisa berguna bagi anda dan selurah kawasan lingkungan sekitar.

Hal- hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan Hal- hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan Reviewed by Abang Nji on 16.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.