Ketentuan dan Hikmah dalam Melakukan Itikaf

Hai Blog Info -  Itikaf adalah salah satu ibadah yang dilakukan umat muslim dalam menjelang bulan ramadhan. Karena memang bulan ramadhan merupakan bulan yang ditunggu kedatangannya oleh semua umat muslim didunia ini. Berbagai pahala banyak dilakukan di bulan suci ramadhan ibadah yang dilipat gandakan.

Maka dari itu, banyak umat muslim yang melakukan berbagai ibadah yang positif. Dengan cara itikaf di masjid. Swngan ini ada pembahasan dibawah ini mengenai ketnetnuan dan hikmah dalam melakukan itikaf. Baca : Hal Hal Yang Perlu Disiapkan Ketika Menjelang Bulan Ramadhan Di Tahun 2020

Ketentuan dan Hikmah

Itikaf merupakan ibadah yang bisa dilakukan kapan saja, akan tetapi ada ketentuan dalam melakukan itikaf tersebut. Pertama, orang yang melakukan itikaf harus beragama islam, kedua, mempunyai akal sehat. Jika selain itu seperti kelalian jiawa dan lannya, maka itikaf akan batal. Ketiga, harus dalam keadaan suci badan, suci dari haid, dan suci dalam perbuatan mandi wajib atau bersuci mandi junub.

Ketentuan dan Hikmah dalam Melakukan Itikaf

Pertama, Mengevaluasi diri. Bulan ramadhan bisa membantu umat muslim dan slaah satunya mengevaluasi diri, dengan ini proses yang sangat bermanfaat dalam melakukan kebaikan pribadi. Dengan adanya evaluasi diri, maka umat muslim dapat mengendalikan hawa nafsu yang ada pada diri kita. Dengan beritikaf anda bisa terhindar dari sifat kesombongan yang bisa merusak akhlak anda.

Kedua, Beribadah lebih khusyuk. Bulan ramadhan ini merupakan bulan yang sangat dirindukan oleh umat muslim didunia, untuk focus dan khusyuk menjalankan perintah Allah SWT dengan beribadah semaksimal mungkin. Dengan melakukan itikaf akan lebih khusyuk dan anda akan terhindar dari kesibukan dunia dan bisa focus beribadah. Seperti halnya puasa, sholat, dan membaca Al-Qur’an.

Ketiga, Membangun hubungan Allah dan manusia. Saat beritikaf umat muslim diberikan kesempatan dalam membangun spiritual untuk mendekatkan dengan yang maha kuasa Allah SWT. Dengan adanya spiritual diperolehnya dari melaksanakan ibadah dengan khusuk dan dalam melakukan renungan. Dengan adanya keihlasan dan kosentrasi untuk melakukannya dengan ini anda akan bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT dan akan mendapatkan buah yang manis.

Keempat, Menjauhkan dari kesibukan dunia. Menjahukan dari semua kesibukan dunia adlaah salah satu hikmah dan bisa diperoleh dengan cara beritikaf di masjid. Dibulan ramdahan umat muslim akan focus dengan ibadah dan menjauhkan kesibukan dunia agar bisa khusuk kepada Allah SWT. Karena memang itikaf mampu untuk menjauhkan diri dari maksiat dan hal- hal yang negative lainnya. Selain itu juga akan berlomba- lomba dalam melakukan kegiatan yang positif dan bisa mendatangkan pahala, berinfak, beramal dan bersedakah dan lain sebagainya.

Anda bisa menyempurnakan ibadah dalam bulan ramadhan dengan berbagai kebaikan yang anda lakukan. Nah semoga ulasan diatas dalam hikmah itikaf di masji, karena memang itikaf merupakan slaah satu ibadah yang sangat bermanfaat dalam menghilangkan gelisahnya hati dan bisa membuat doa anda cepat terkabul. Semoga Ketentuan dan Hikmah dalam Melakukan Itikaf bisa bermanfaat.

Ketentuan dan Hikmah dalam Melakukan Itikaf Ketentuan dan Hikmah dalam Melakukan Itikaf Reviewed by Abang Nji on 00.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.