Melatih Anak Puasa Ramadhan, Simak 4 Cara Pembahasan Selengkapnya

Blog Info - Semua orang tua pastinya akan tahu dengan adanya puasa ramdhan. Dan mengajari anak dalam melatih berpuasa ramadhan sejak dini agar bisa terbiasa. Walaupun buat anak- anak tidak wajib untuk berpuasa, akan tetapi dalam mengenalkan puasa sejak dini pastinya bagi orang tua akan sangat penting dan akan lebih mudah ketika sudah saatnya wajib di usah baligh untuk berpuasa wajib.

Dalam melatih anak- anak untuk berpuasa ramadhan, ya sangat gampang- gampang susah, karena memang anak- anak belum bisa mengenal yang namanya berpuasa, akan tetapi alangkah baiknya jika bagi orang tua bisa mengajari dan memberikan pemahaman tentang puasa ramadhan dan akan lebih bagus. Dibawh ini ada beberapa cara untuk melatih anak agar tahu dan mengenal yang namanya puasa wajib dibulan ramadhan. Baca : Tips Puasa Sehat Selama Bulan Ramadhan Edisi 2020

Melatih Anak Puasa Ramadhan

Melatih Anak Puasa Ramadhan, Simak 4 Cara Pembahasan Selengkapnya

Pertama, Bertahap. Coba anda latihlah anak untuk bangun pada saat mau sahur, nah saat itu ajaklah sahur bersama dan kalau bisa juga berpuasa hingga beberapa jam ataupun sampai beberapa hari. Setelah itu latihlah minggu berikutnya dengan lebih lama yaitu kurang lebih puasa sampai setengah hari. Nah kalau dari puasa setengah hari ini sudah mulai kuat, maka latihlah hingga satu hari penuh sampai waktu berbuka puasa. Akan tetapi orang tua juga harus tahu usia perkembangan anak dan harus bisa menyesuaikan.

Kedua, Berilah Motivasi dan Pujian. Kalau anda sebagai orang tua tidaklah salah dalam memberikan motivasi dan pujian kepada sang anak setelah berhasil berpuasa dan bisa melakukan puasa satu hari penuh. Atau dari sang anak baru bisa puasa sampai setengah hari, pastinya bagi orang tua harus bisa menghargai perjuangan anak dalam masa belajar puasa wajib ramadhan. Atau mungkin anda kalau punya rejeki bisa berikan hadiah contoh kecil pelukan agar bisa semangat dalam melakukan puasa pada besoknya hari. Dan anda bisa kasih pengertian makna dari manfaat berpuasa ramadhan.

Ketiga, Siapkan Menu Yang Menarik. Coba anda sebagai orang tua buatlah hal yang menyenangkan seperti dengan memberikan menu makanan yang menarik dan bisa membuat selera si anak senang makan bersama saat sahur. Dan pada siang hari cobalah buat kegiatan dan aktivitas yang bisa membuat anak bergerak seperti menari, bermain dan tidak membuat tenaga terkuras dan dengan ini pastinya bagi anakn akan lupa bahwa dia sedang berpuasa wajib ramadhan. Baca : Anda Belum Tahu? Tahapan Dalam Penentuan Awal Puasa Ramadhan

Keempat, Hargai Keputusan Anak. Jika si anak sudah terbiasa akan tetapi pada pertengahan jalan sudah tidak mau dan tidak tertarik untuk berpuasa, dan ketika memang sudah tidak mau melakukannya, dimaklumi saja apa keputusan si anak, dengan ini orang tua bisa memberikan motivasi kepada sang anak ditahun berikutnya agar bisa ikut berpuasa lagi.

Semoga artikel mengenai Melatih Anak Puasa Ramadhan, Simak 4 Cara Pembahasan Selengkapnya. Bisa memberikan wawasan dalam mengajari sang buah anak tercinta. Dengan ini orang tua bisa memberikan bimbingan mengenai pengertian puasa manfaatnya apa dan lainnya. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Melatih Anak Puasa Ramadhan, Simak 4 Cara Pembahasan Selengkapnya Melatih Anak Puasa Ramadhan, Simak 4 Cara Pembahasan Selengkapnya Reviewed by Abang Nji on 08.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.