Panduan Cara Install Windows 7 Bagi Pemula

Blog Info - Hallo.. kali ini membuat artikel mengenai cara bagaimana menginstall windowsm7 di komputer atau laptop. Ketika anda beli laptop, terkadang laptop yang dibeli belum bisa terinstall atau masih keadaan DOS.

Nah, pada memakai, anda hanya menginstall system operasi misalnya windows 7. Seperti yang anda ketahui windows 7 adalah salah satu system operasi windows yang popular hingga kini . Windows 7 dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009.

Walaupun ada versi yang baru dari windows 8 dan windows 10. Akan tetapi di windows 7 sangat banyak digemari sebagian orang khususnya Indoensia.. karena memang dengan tampilannya sederhana, ringan untuk digunakan dan dari navigasi sangat mudah untuk digunakan. Nah disini anda akan tahu cara install windows 7 bagi pemula. Maka dari itu baca hingga selesai. Baca : 2 Cara Mematikan Antivirus Smadav untuk Sementara dengan Cepat dan Mudah

Panduan Cara Install Windows 7 Bagi Pemula

Panduan Cara Install Windows 7 Bagi Pemula

Artikel ini akan membantu anda  bagi yang belum tahu mengenai cara intall windows 7 secara mudah dan benar. Artikel ini diusahakan bisa memahami betul mengenai cara yang jelas. Sebelumnya menginstall anda harus juga memperisapkan hal dibawah ini.

1. Anda siapkan DVD Windows 7 kemudian disini akan belajar mengenai cara install windows 7 dari DVDROM. Bila bagi anda tidak punya DVD windows 7, anda bisa juga menggunakan flasdisk untuk alternative (Instalasi dengan flasdisk)

2. Anda setting BIOS menjadi booting dari CD/ DVD.

3. Backup data- data anda yang penitng sebelumnya.

4. Jika anda yang menginstall dengan laptop disarankan harus mencolokan charger sebelumnya hingga selesai. Dikhawatirkan kehabisan baterai dan bisa berdampak buruk dengan laptop.

5. Anda siapkan makanan atau cemilan karena memang atikel ini panjang sekali heheh.

Setting BIOS agar Booting dari CD/ DVD

Pada umumnya laptop atau computer  pada biasanya booting di awalan pertama dari HDD. Maka anda perlu mengetur terlebih dahulu booting awal pertama dengan melalui CD/ DVD.

1. Anda nyalakan atau restat lapop atau computer, setelah itu tekan tombol DEL (Delete). Kalau anda mau masuk menu BIOS, biasanya tombol yang digunakan DEL, F2, atau Fn+F2 tinggal pada laptop anda.

2. Kemudian akan muncul tampila menu BIOS. Setelah muncul anda bisa ;angsung pergi ke tab Boot dengan anda menggunakan tombol di kayboard kanan dan kiri.

3. Kemudian anda ditampilkan dengan device yang berada urutan teratas yaitu HDD, awal pertama pada computer atau laptop alan mengalami booting melalui HDD.

4. Agar booting dari CD/ DVD, maka yang perlu anda lakukan dengan menempatkan CD-ROM Drive menjadi urutan no pertama. Caranya dengan anda memilih CD-ROM Drive, setelah itu geser dengan tombol +/- hingga urutannya sampai ke atas.

5. Anda jangan sampai lupa dengan memasukkan DVD Windows 7 di DVDROM. Setelah itu anda tekan di keyboard F10 cara ini untuk menyimpan hasil setting juga keluar dari menu BIOS tersebut.

Sebagian computer atau laptop dan tidak semuanya memiliki jenis BIOS yang sama, akan tetapi bisa jadi BIOS tersebut tidak sama dengan tutorial ini. Akan tetapi caranya hampir sama.

Langakah- Langkah Cara Menginstall Windows 7

Nah tahap selanjutnya setting pada BIOS agar bisa booting dari CD/ DVD hingga selesai. Kali ini waktu penginstalan windows 7. Menginstallnya tidaklah sulit. Anda bisa melihat cara- langkah- langkah dibawah ini hingga selesai.

1. Ketika muncul tulisan “Press any key to boot from CD or DVD”.Tekan sesuka anda pada tombol dalam memulai instalasi.

2. Kemudain anda bisa pilih bahasa Indonesian (Indonesia) di Time and currency format. Kemudian ketika Laguage to install dan Keyboard or input method anda biarka tetap defult. Setelah itu anda pilih Next.

3. Untuk memulainya dalam penginstalan windows 7, maka anda pilih Install now.

4. Kemudian anda centang tulisan “I accepted the license terme", setelah itu anda pilih Next.

5. Ya, anggap saja sedang belajar cara menginstall system operasi windows 7 pertama kali. Kemudian anda silahkan pilih dengan Custom (advanced).

6. Ketika anda mau untuk menginstal ulang, maka downgrade ataupun upgrade system operasi windows sekaligus data- data di partisi lain tidak hilang, maka anda cukup dengan delete Disk 0 Partition 2 (partisi C:) dan pada Disk 0 Partition 1 : Syistem Reserved, dan akan otomatis kedua partisi tersebut akan delete menjadi Unallocatet Space.

7. Kemudian anda buat partisi yang baru (dengan otomatis, partisi tersebut akan menjadi Disk 0 partition 2) dan dari Disk Partition 2 jadikan sebagai lokasi instalasi windows 7, setelah itu anda pilih Next. Jika anda membuka atau membaca tutuorial ini disarankan dengan membuka browser chrome.

Bagi anda yang mau dengan menginstall ulang, downgrade ataupun dengan upgrade ke windows 7 dengan tidak mau data- data di dalam partisi lainnya hilang, maka anda lewati langkah yang no 7 sampai 10. Dan untuk anda yang bagi pemula awalan dalam melakukan instalasi windows 7 dengan HDD masih baru dan belum terintall system operasi windowsnya maka sebelumnya, silahkan anda lewati langka pada no 6.

8. Selanjutnya dengan mempartisi ruang harddisk. Anda pilih Drive options (advamced) kemudian pilih New. Setelah itu tentukan ukuran dari partisi/ drive. Setelah selesai anda bisa pilih Apply.

9. Kemudian pilih OK untuk pembuatan system files windows ataupun bisa disebut dengan system reserves partition.

10. Silahkan anda buat 2 partisi. Caranya sama dengan langkah no 7. Jika anda membuat partisi tergantung selera anda. Tutorial ini hanya membuat 2 partisi saja.

11. Anda silahkan pilih Disk 0 Partition 2 untuk lokasi instalasi windows tersebut. Setelah itu anda pilih Next. Aslinya anda bisa memilih instalasi sesuai anda yang mau, akan tetapi disarankan diletakkan pada Disk 0 Partition 2.

12. Kemudian proses instalasi windowa 7 berlangsung. Dengan proses ini akan memakan waktu sekitar 20 menit. Dengan proses berjalan, maka computer atau laptop anda akan reboot/ restart sampai berkali- kali.

13. Anda jangan sampao tekan tombol apapun di keyboard, karena ini bisa menyebabkan bisa mengulangi proses instalasi dari awal. Kan malah jadi susah.

Memberi Nama Komputer Dan Setting Pengaturan

1. Selanjutnya anda masukkan nama pengguna dan computer sesuai yang anda inginkan. Setelah itu anda pilih Next.

2. Selanjutnya anda membuat password di windows anda. Sarannya buatlah password yang bisa dan mudah diingat. Jika anda tidak ingin menambahkan password, maka biarkan kosong saja, setelah itu pilih Next.

3. Setelah itu masukkan product key windows7, setelah itu pilih Next jika anda tidak mempunyai prosuct key, maka anda bisa melewati tanpa memasukkan product key. Akan tetapi anda hanya bisa mengoprasikan windows 7 sampai masa trial 30 hari saja. Setelah itu pilih Next.

4. Kalau windows update, anda pilih Ask me later. Kemudian anda pilih Use recommended settings jika pada DVD windows 7 yang anda punya itu original. Jika tidak disarankan pilih Ask me later.

5. Kalau menegnai Time zone atau waktu, maka anda pilih (UTC+07:00) Bangkok. Hanoi, Jakarta.

6. Selanjutnya untuk menetukan lokasi. Silahkan anda pilih Public Network.

7. Dan proses instalasi windows 7 sudah selesai.

Semoga dengan adanya artikel diatas bisa memudahkan anda dalam memahami dan bisa mempelajarinya dengan baik dan benar. Semoga langkah- langakh instalasi windows 7 diatas bisa bermanfaat untuk anda semua. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Panduan Cara Install Windows 7 Bagi Pemula Panduan Cara Install Windows 7 Bagi Pemula Reviewed by Abang Nji on 08.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.